Social Icons

Welcome!!

May 18, 2013

Penemu (Sejarah)Senjata Api Pertama Kali

Samuel Colt
Senjata api banyak yang mengartikan sebagai suatu benda yang bisa melepaskan satu atau lebih proyektil dengan kecepatan tinggi. Proyektil tersebut bisa keluar karena didorong oleh suatu gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan (bahan pendorong). Propelan termasuk bahan peledak lemah yang digunakan sebagai bahan isian pendorong pada amunisi. Proses pembakaran kita kenal dengan nama defelgrasi.

Dahulu, umumnya senjata api menggunakan bubuk hitam (mesiu) sebagai propelan, sedangkan senjata modern sekarang sudah meninggalkannya dan berganti menggunakan bubuk nirasap dan cordite. Bedanya, bubuk hitam mengeluarkan banyak asap dan residu ketika senjata ditembakkan. Sesuatu yang tidak akan kita temui saat menggunakan bubuk nirasap.


Perdebatan tentang siapa penemu senjata api pertama masih berlanjut hingga kini. Yang banyak kita dengar, Samuel Colt, ilmuan penemu asal AS mematenkan pistol praktis Colt Paterson di Inggris tahun 1835. Disusul oleh penemu AS lainnya, Horace Smith dan Daniel Wesson yang membuat pistol revolver dengan peluru tabur. Borchardt, pistol semiotomatis yang bisa mengisi sendiri pada tahun 1895. Tahun 1897 John M. Browning, juga dari AS, mematenkan pistol otomatis yang menjadi dasar pistol otomatis berikutnya.

Tapi jauh sebelum itu orang cina sudah lebih dahulu mengenal bahan peledak yang terbuat dari sendawa dan belerang (bahan pembuat mesiu) dan kemudian menyebar ke Eropa pada tahun 120-an. Mesiu dipatenkan oleh Roger bacon pada tahun 1242. Mesiu kemudian banyak dipakai pada meriam.

No comments:

Post a Comment